11
Feb
08

Korban Bawah Tanah

konsermaut.jpg

ATAS: Gedung Asia Africa Cultural Center (AACC) – di Jalan Braga Bandung, gedung ini dulu adalah bisokop Majestic. BAWAH: Sebagian korban konser.

LAGI-lagi konser musik berujung kematian. Kali ini pentas musik “underground” di gedung Asia Afrika Cultural Center (AACC) Sabtu (9/2/2008) malam berakhir bagai bak horor maut. Sebelas anak muda penggemar musik bawah tanah ini tewas saat peluncuran album grup musik “Beside” hampir berakhir.

Satu korban tewas di antara 11 orang ini perempuan. Tujuh orang berhasil dikenali identitasnya, sisanya masih dalam penelusuran. Selain merenggut nyawa, kericuhan tadi malam menimbulkan korban luka-luka.

Ada dua versi yang berkembang tentang sebab kematian korban yang rata-rata anak baru gede ini. Kapolda Jabar Irjen Pol Susno Duadji menyebut keterlibatan minuman berbau spiritus yang dikonsumsi para korban.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Dade Achmad mengatakan pihaknya telah menyita beberapa botol minuman yang dibagikan panitia kepada penonton.

Versi lain menyebutkan, jatuhnya korban lebih disebabkan karena gedung pertunjukan tidak memadai, sementara aktivitas para pengunjung begitu “panas” sehingga menimbulkan kekacauan.

Pentas musik underground di Bandung sebenarnya jarang meminmbulkan masalah, di samping komunitasnya masih relatif belum sebanyak komunitas pop maupun dangdut, penampilan mereka pun biasanya di tempat-tempat yang lebih eksklusif, (lihat Musik Bawah Tanah, http://curahbebas.wordpress.com )

Terlepas dari dua versi ini, yang paling jelas adalah korban sudah jatuh. Ini untuk kesekian kali konser musik di tanah air berakhir dengan kematian penonton. Beberapa di antaranya:

19 November 2000GOR Saburai bandar Lampung. Empat fans Sheila on Seven tewas ketika konser kelompok musik itu berubah jadi kerusuhan massal (lihat juga Kekasih Gelap http://curahbebas.wordpress.com).

24 Mei 2003 – Stadion Bima Cirebon. Kerusuhan terjadi dalam konser Rif & Nicky Astria, satu orang penonton tewas

23 Februari 2004 – Stadion Lambung Mangkurat Banjarmasin. Empat orang tewas dalam konser akbar Sheila on Seven

19 Desember 2004 Dua orang tewas saat grup musik Gigi menggelar konser di kampus UIN Jakarta itu. Korban tewas akibat tertimpa kanopi yang roboh.

19 Desember 2006 Stadion Widya Mandala Pekalongan. Sebanyak 10 penonton konser Ungu tewas terinjak-injak

23 Juni 2007 – Stadion Sangkuriang Cimahi. Konser Pas Band & J Rock berakhir rusuh saat bubaran. Tiga orang tewas terinjak-injak.

Iklan

0 Responses to “Korban Bawah Tanah”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: