18
Nov
08

Tribun versi Nielsen

tribunrankingHarian Pagi Tribun Jabar naik peringkat ke posisi kedua koran di Jawa Barat, berdasarkan hasil survei lembaga riset media AC Nielsen pada Wave (Triwulan) III tahun 2008. Market share iklan yang diraih pun naik menjadi 26 persen pada Wave III tahun 2008.

Survei yang dijadikan acuan para pemasang iklan baik di Bandung maupun Jakarta ini berlangsung setiap triwulan. Adapun cara Nielsen mengajukan pertanyaan saringan adalah “Apakah Anda membaca koran dalam satu tahun terakhir?”

1. Jika ya, ditanyakan kapan terakhir kali baca Koran: 2. Jika jawabannya kemarin, ditanyakan koran apa yang dibaca (jika jawabannya bukan kemarin maka tidak dianggap sebagai reader): 3. Koran yang dibaca adalah koran yang secara fisik dipegang, dibolak-balik, minimal dua menit.

Sebenarnya materi pertanyaan tersebut menimbulkan duplikasi antarkoran karena pertanyaan yang diajukan adalah “Koran apa saja yang Anda baca?” Ini mengabaikan unsur urutan koran (koran utama). Koran yang disebut pertama tentu koran yang diingat dan usianya tertua meski kenyataannya responden sudah lama membaca Tribun Jabar.

Meski demikian, survei ini menegaskan bahwa Tribun Jabar, yang baru terbit pada 18 Februari 2005, berpotensi untuk terus berkembang dan beredar luas di Bandung khususnya dan kota-kota lain di Jawa Barat umumnya, seiring dengan bertambahnya oplah Harian Tribun Jabar.

Kue iklan yang diperoleh pun terus bertambah. Pertumbuhan iklan naik 8 persen selama Januari-September 2008, market share iklan menjadi 26 persen. Pada 2007, Tribun Jabar menguasai market share iklan sebesar 18 persen. Berdasarkan data AC Nielsen, pertumbuhan itu diperoleh dengan mengurangi dua persen kue iklan koran kriminal di Bandung dan sisanya diperoleh dari pengikisan jatah kue iklan koran terdahulu di Bandung.

Prestasi yang kami peroleh ini tentu tak lepas dari hasil kerja sama yang baik Tribun Jabar dengan klien iklan dan kolega dari berbagai lembaga di Jawa Barat. Tribun Jabar, dengan slogan Spirit Generasi Baru, akan bekerja lebih keras lagi untuk mewujudkan tekad menjadikan Tribun Jabar sebagai referensi utama pembaca dan pengiklan di Jawa Barat. Semoga.(Tribun Jabar/ear)

Iklan

3 Responses to “Tribun versi Nielsen”


  1. 1 aakuntoa
    November 24, 2008 pukul 7:58 am

    bukan hasil yang membanggakan, tetapi proses pencapaian untuk mencapai hasil tersebut yang menggetarkan. keringat makin mengkristal. selamat mas yusran! selamat menempuh pencapaian berikutnya. salam kagum saya.

  2. 2 yusranpare
    November 24, 2008 pukul 2:27 pm

    Ha… bisa aja. Terima kasih, bos.

  3. 3 head
    Maret 17, 2009 pukul 6:28 pm

    ke satunya siapa yah? 😀

    kalo mau liat hasil survey itu dumana yah?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: