07
Agu
09

Wajah-wajah Top Markotop

noordintoppBuronan  paling dicari saat ini, Noordin M Top dikabarkan tertangkap. Noordin ditengarai terlibat dalam pengeboman di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton. Anehnya, yang pertama merilis berita itu justru situs berita  Al Jazeera.net, Jumat (7/8/2009).

Jumat malam, televisi lokal terus menyiarkan liputan mnereka  dari lokasi perburuan di sebuah desa di Temanggung, Jawa Tengah. Merebak kabar, Noordin M Top tewas tertembak dalam penggerebekan tersebut.  Memang ada yang tertembak dalam operasi itu, namun polisi belum memastikannya.

Penggerebekan  dilakukan terhadap rumah  Mohzari (70) di Desa Beji, RT 01/07, Kelurahan Kedu, Kecamatan Kedu, Temanggung. Sebelumnya, Densus 88 Mabes Polri menangkap dua pria bernama Indra (35) dan Aris (38) di Pasar Parakan Temanggung. Kedua laki-laki itu merupakan keponakan Mohzari.

noordin-mochammad-top1Densus 88 menggerebek sebuah rumah di Kedu, Temanggung, Jawa Tengah, yang diduga tempat persembunyian Noordin M Top. Polisi sudah menangkap lima orang. Namun tiga orang belum diketahui identitasnya.

Menurut kabar yang beredar, pukul 10.30 WIB Densus 88 Polda Jateng dibantu Densus Mabes Polri menangkap Indra (35) dan Aris (38) di Perakan, Temanggung. Mereka diduga menyembunyikan Noordin. Salah seorang dari tiga orang yang diamankan dan belum diketahui identitasnya itu diperkirakan adalah Noordin M Top.

noordin-mochammad-top3Noordin Mohamed Top yang merupakan Warga Malaysia disebut-sebut merupakan tokoh utama dibalik pemboman Bali tahun 2002 dan 2005. Hingga kini dia adalah orang yang paling dicari pihak berwenang di Asia. Pihak berwenang yakin mantan akuntan ini menjadi otak serangkaian serangan di Indonesia.

Nordin diduga berperan sebagai pencari anggota baru utama dan juga penyandang dana untuk kelompok militan Islam regional, jemaah Islamiyah, namun pengamat mengatakan dia kini membentuk kelompok milita sendiri.

NurdinmtopaPemerintah Indonesia berhasil membungkam serangan militan sejak bulan September 2005 – sejak serangan bom Bali II yang menewaskan 23 orang.  Tokoh yang diduga sebagai sekutu terdekat Noordin, Azahari Husin yang juga warga Malaysia, tewas dalam operasi polisi tahun 2005. Dua orang yang menyatakan diri sebagai pemimpin Jemaah Islamiyah dipenjara bulan April 2008 dan tiga pelaku serangan bom Bali dieksekusi mati bulan November tahun 2008.

Namun, serangan bunuh diri di dua hotel Jakarta bulan Juli 2009, yang menewaskan sembilan orang termasuk dua orang yang diduga pelaku bom bunuh diri ini, menimbulkan kekhawatiran bahwa kegiatan militan Noordin kembali dimulai. Kepala desk anti teror kantor menteri politik dan keamanan mengatakan ada “indikasi kuat” kelompok Noordinlah yang bertanggungjawab atas serangan itu.

noordin-mochammad-top4Noordin lari ke Indonesia bersama Azahari Husin setelah pemerintah Malaysia menghancurkan gerakan Islamis setelah serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat. Azahari tewas di Batu, Malang, Jawa Timur bulan November tahun 2005. Di Indonesia dia menikah dan memakai nama lain, Abdurrachman Aufi.

Istrinya, Munfiatin, dipenjara bulan Juni 2005 karena dinyatakan bersalah menyembunyikan informasi keberadaan suaminya. Kedua warga Malaysia ini diduga bekerja sama dalam merencanakan serangan, dengan Noordin bertindak sebagai penyandang dana sementara Azahari sebagai pembuat bom.

Selain dua serangan bom di Bali, keduanya juga diduga terlibat dalam dua serangan besar lain – pemboman hotel JW Marriot tahun 2003 yang menewaskan 12 orang dan kedutaan besar Australia tahun 2004 yang menewaskan 11 orang.

NurdinmtopPolisi Indonesia akhirnya berhasil mengepung Azahri, seorang insinyur yang meraih gelar Doktor dari Universitas Reading Inggris, di sebuah rumah di Jawa Timur November 2005. Ayah dua anak ini tewas akibat peluru polisi atau bom yang diledakkan oleh seorang anak buahnya, namun Noordin selalu berhasil lolos dari penangkapan.

article-noordin-420x0Bulan Januari 2006, polisi mengatakan Top menyatakan diri sebagai pemimpin kelompok baru bernama Tanzim Qaedat al-Jihad, yang berarti Kelompok untuk Dasar Jihad. Para pengamat berspekulasi dia meninggalkan struktur inti Jemaah Islamiah akibat perbedaan pendapat mengenai serangan pada “sasaran empuk”, yang seringkali memakan korban warga sipil.

Bulan April 2006 polisi menggerebek satu rumah di desa Binangun, Jawa Tengah, setelah muncul laporan Noordin Top tinggal di sana. Dua orang yang diduga militan Jemaah Islamiyah tewas dan dua lagi ditangkap dalam aksi tembak menembak yang terjadi dini hari.

noordin-mochammad-top2Sejumlah bahan peledak kemudian ditemukan di dekat lokasi. Namun, Noordin Top tidak berada di rumah itu dan dia tetap menjadi sasaran pengejaran utama polisi Indonesia.  Jumat (7/8/09) malam polisi menggerebek sebuah rumah di Temanggung.  Benarkah  kali ini Noordin M Top tak berkutik? ***

Iklan

0 Responses to “Wajah-wajah Top Markotop”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: